Minggu, 22 Januari 2012

Tingkat Keanekaragaman Hayati

Biodiversitas atau keanekaragaman hayati merupakan keseluruhan variasi, baik bentuk, penampilan, jumlah dan sifat yang dapat ditemukan pada tingkat gen, spesies, ataupun ekosistem.
Secara garis besar, keanekaragaman hayati terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu: keanekaragaman gen, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem.

1. Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman tingkat gen yaitu keanekaragaman atau variasi yang dapat ditemukan diantara organisme dalam satu spesies. Keanekaragaman gen menyebabkan variasi antarindividu sejenis. Misalnya, beberapa perbedaan ciri dan sifat yang ditemukan di antara sesama manusia. Walaupun sama-sama satu spesies, yaitu Homo sapiens, tetapi di antara kita memiliki bentuk hidung, mata, rambut, tinggi tubuh, warna kulit ataupun kecerdasan yang berbeda. Keanekaragaman gen juga ditunjukkan di antara jeruk keprok garut, jeruk keprok medan, dan jeruk keprok pontianak.

2. Keanekaragaman Spesies atau Jenis

Keanekaragaman tingkat jenis yaitu keanekaragaman yang ditemukan di antara organisme berbeda spesies dalam satu familia. Penyebabnya perbedaan struktur dan jumlah gen. Sebagai contoh, keanekaragaman antara kelapa, kurma dan sagu. Meskipun tumbuh-tumbuhan itu merupakan satu kelompok tumbuhan palem-paleman, masing-masing memiliki fisik yang berbeda dan hidup di tempat yang berbeda. Misalnya, kelapa tumbuh di pantai, kurma tumbuh di daerah kering dan sagu tumbuh di pegunungan basah (rawa gambut).

Contoh lainnya:
- Padi, sorgum, gandum dan cantel termasuk dalam familia Graminea.
- Buah sirsak, buah srikaya dan buah nona termasuk dalam satu familia Annonaceae.

3. Keanekaragaman Ekosistem

Keanekaragaman tingkat ekosistem yaitu keanekaragaman yang dapat ditemukan di antara ekosistem. Susunan komponen biotik (organisme) dan abiotik (benda mati) setiap jenis ekosistem di permukaan bumi tidaklah sama. Contoh, ekosistem hutan konifer, ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang pasir, dll.

1 komentar:

  1. waktu sma pernah belajar tentang ini, tapi kayaknya lebih spesifik ke keanekaragaman hayati

    BalasHapus